YUK, KURANGI MAKAN GORENGAN!

6 bulan yang lalu

Belakangan ini ramai dibicarakan kelangkaan minyak goreng. Belum lagi harganya yang menjadi 2 kali lipat dari harga sebelumnya. Kondisi yang demikian membuat kita harus lebih bijak dan berhemat dalam menggunakan minyak goreng. Harga minyak goreng yang melambung tinggi saat ini sesungguhnya menjadi momen yang tepat untuk mengurangi menu masakan jenis yang gorengan. Selain menghemat pengeluaran, mengurangi gorengan akan membuat tubuh menjadi lebih sehat lho!


Mengapa gorengan tidak baik bagi kesehatan tubuh? Semua makanan yang digoreng umumnya memiliki tekstur yang renyah dan ‘crispy’ sehingga bikin mulut tidak berhenti mengunyah dan sulit untuk berhenti. Namun perlu dipertimbangkan beberapa risiko yang terjadi jika kamu terlalu sering mengonsumsi gorengan. Apa saja risikonya?

  • Meningkatkan risiko penyakit kardiovaskular

Minyak goreng dapat meningkatkan kadar kolesterol darah. Peningkatan kolesterol ini bisa menjadi akar dari berbagai penyakit kardiovaskular, termasuk penyakit jantung koroner, serangan jantung, dan stroke.

  • Meningkatkan risiko terkena diabetes tipe 2

Makanan yang digoreng biasanya dilapisi tepung. Makanan yang diolah seperti ini akan lebih tinggi kalorinya dan mengandung lebih banyak karbohidrat sederhana dan lemak tidak sehat, sehingga berisiko terkena diabetes tipe 2.

  • Memperbesar risiko munculnya kanker

Bahaya ini bisa muncul akibat zat akrilamida yang dapat terbentuk selama proses memasak dengan suhu tinggi, seperti menggoreng. Makanan bertepung, seperti ayam goreng tepung dan sebagainya, diketahui akan mengandung akrilamida yang lebih tinggi ketika terpapar suhu tinggi.

  • Menimbulkan kenaikan berat badan

Makanan yang digoreng akan menyerap lemak dari minyak, sehingga kalorinya menjadi lebih tinggi. Semakin tinggi asupan kalori harian seseorang, semakin tinggi pula risiko ia mengalami kelebihan berat badan (overweight) dan obesitas.

Jika ingin sehat tapi sulit meninggalkan gorengan, dapat disiasati dengan mengganti minyak yang lebih sehat seperti: minyak zaitun, minyak kelapa, dan minyak alpukat. Tidak menggunakan minyak goreng secara berulang dan perhatikan suhu minyak agar tidak terlalu panas atau pun terlalu rendah. Hindari jajan gorengan di luaran, karena minyak yang digunakan umumnya adalah minyak bekas yang sudah berulang kali dipakai.

Cara olahan lain yang juga tidak kalah lezat adalah dengan memanggang. Protein hewani yang dipanggang di atas wajan anti lengket akan mengeluarkan minyak alami sehingga tidak lagi membutuhkan minyak goreng dalam mengolahnya. Yuk mulai sekarang kurangi kebiasaan makan gorengan dan coba rasakan perubahan positif apa yang dirasakan oleh tubuhmu!