YUK, COBAIN BIKIN MINUMAN SEHAT INI DI RUMAH!

7 bulan yang lalu

Beragam kreasi minuman mulai dari yang berbahan dasar teh, kopi, buah, susu dan banyak lagi lainnya ditawarkan oleh para produsen minuman. Kemasan dan tampilan yang menarik, belum lagi jika tersedia tempat untuk ‘hang-out’, bikin tergiur ingin mencoba. Hmm, lumayan menguras kantong juga pastinya jika hal ini sering dilakukan. Dari sisi kesehatan, hal lain yang perlu menjadi catatan adalah bahan pemanis yang digunakan belum tentu aman lho. 


Jika hal ini sering kamu lakukan dan menjadi bagian dari gaya hidupmu, sebaiknya kamu mulai menguranginya dan beralih dengan cara lain yang lebih hemat di kantong dan tidak menimbulkan efek samping di kemudian hari bagi kesehatanmu.


Menjaga kesehatan keluarga salah satunya adalah menyediakan konsumsi makanan dan minuman buatan sendiri. Kebersihan terjamin dan bahan-bahan pembuatnya pun jelas. Kamu juga bisa membuat minuman sehat versi rumahan lho, yuk cobain beberapa jenis minuman berikut :

  • Jus

Malas atau tidak suka mengonsumsi buah dan sayur bisa disiasati dengan membuat jus buah dan sayur. Pilihlah buah yang kaya air seperti nanas, apel, jeruk, buah naga. Lalu campur dengan sayuran sesuai kebutuhanmu. Tambahkan air jahe, lemon atau daun mint, makin segar deh! 


  • Smoothies

Mirip dengan jus, tetapi smoothies memiliki tekstur lebih padat dan kental. Buah dan sayur yang digunakan untuk smoothies umumnya padat. Karena teksturnya padat menjadikan smoothies berserat tinggi, perut terasa kenyang lebih lama, pas jika ada anggota keluarga yang ingin mengurangi berat badan.


  • Aneka minuman tradisional

Ada beragam minuman tradisional yang berasal dari rebusan aneka rempah-rempah. Sejak dulu diyakini memiliki manfaat untuk kesehatan. Yang jadi favorit biasanya adalah kunyit asem, temulawak, beras kencur. Cara membuatnya mudah dan bahannya pun mudah ditemukan di dapur. 


  • Infused water

Infused water dipercaya baik untuk detoksifikasi. Siapkan botol air minum lalu masukkan irisan buah dan sayur yang kamu pilih, bisa juga ditambahkan rempah seperti jahe, kayu manis. Lalu simpan selama 12 – 24 jam di kulkas. Selanjutnya infused water siap dikonsumsi.


Pilih buah dan sayur yang baik kualitasnya. Cuci terlebih dahulu dengan air mengalir untuk menghilangkan bakteri dan sisa pestisida yang mungkin menempel pada kulit buah, lalu keringkan dengan lap bersih atau tisu dapur. 

Jus dan smoothies sebaiknya langsung dikonsumsi, jika disimpan di kulkas pun jangan lebih dari 24 jam. Sedangkan infused water dan minuman tradisional bisa disimpan di kulkas untuk waktu yang relatif lebih lama, meski demikian karena semua bahannya adalah bahan alami perhatikan jika terjadi perubahan warna, rasa, tekstur. Jika hal ini terjadi, jangan dikonsumsi dan bersiap untuk membuat minuman yang baru. Yuk, cobain minuman sehat untuk keluarga di rumah! Minuman apa yang sudah pernah kamu buat?