YANG HARUS DILAKUKAN KETIKA TERKENA LUKA BAKAR

2 bulan yang lalu

Luka bakar dapat dialami di mana saja. Terkana percikan minyak ketika memasak, terkena benda panas seperti knalpot motor, setrika, panic panas adalah beberapa contoh luka bakar yang sering dialami sehari-hari. Meskipun lukanya terlihat tidak serius namun cara penanganan yang salah dapat mengakibatkan infeksi dan memperburuk kondisi lho. 

Luka bakar ringan bisa disebut dengan luka bakar tingkat 1 yang memiliki ciri luas area luka tidak lebih dari 8 cm. Luka jenis ini hanya meliputi lapisan kulit paling luar dan umumnya tidak berkembang menjadi kondisi yang serius. Gejala yang muncul dapat berupa rasa sakit di area yang terdampak, kemerahan, dan bengkak. Ini adalah luka bakar yang kerap dialami sehari-hari.

Pertolongan pertama yang dilakukan ketika mengalami luka bakar ringan ialah:

  • Gunakan air dingin untuk mengompres atau membilas bagian yang terasa panas.
  • Bila timbul gelembung luka, sebaiknya dibiarkan saja. Hindari menutupnya dengan plester, termasuk berusaha memecahkannya dengan jarum.
  • Oleskan salep khusus untuk luka bakar atau salep antibiotik yang mengandung neomycin sulfate dan neomycin yang umumnya memiliki efek dingin.

Luka bakar sedang adalah luka bakar tingkat 2 yang ditandai dengan kulit melepuh, bengkak, sangat perih, dan kemerahan atau kadang justru berwarna pucat.

Luka bakar berat atau luka bakar tingkat 3 termasuk luka bakar yang parah, karena merusak jaringan lebih dalam sampai ke saraf, otot, atau tulang. Luka bakar ini umumnya tidak berwarna merah lagi, melainkan putih atau bahkan gosong. Selain itu, kulit dapat tidak merasakan nyeri sama sekali akibat saraf yang terdampak.

Seseorang yang mengalami luka bakar tingkat 2 dan tingkat 3 harus segera dirujuk ke Instalasi Gawat Darurat untuk segera mendapatkan penanganan medis lebih lanjut. Penanganan yang salah dan terlambat akan memperburuk kondisi.

Berikut adalah beberapa cara yang salah namun sering digunakan oleh banyak orang untuk mengatasi luka bakar. 

  • Mengoleskan minyak atau mentega pada luka bakar
  • Mengompres dengan es batu
  • Mengoleskan pasta gigi
  • Mengoleskan putih telur
  • Menyentuh luka bakar dengan tangan kotor

Apakah selama ini kamu sudah melakukan cara yang tepat untuk mengatasi luka bakar?