Tips berlebaran Bagi Penderita Diabetes

1 tahun yang lalu

Menu hidangan lebaran yang beraneka ragam kerap membuat kita lupa diri dan melupakan diet. Bagi penderita diabetes, hidangan lebaran adalah sebuah godaan. Sebab lebaran identik dengan sajian makanan yang tidak sehat (bersantan, berlemak, dan  manis).

Nilai gula darah yang normal bagi penderita diabetes tentu berbeda dengan kadar gula darah normal pada orang-orang tanpa diabetes. Jika kadar gula darah tidak dijaga dengan baik, diabetes dapat berujung pada berbagai komplikasi yang serius, mulai dari penyakit jantung, stroke, gagal ginjal, hingga kebutaan. Itulah kenapa penderita diabetes harus disiplin dalam mengatur pola makan.

Namun jangan khawatir, pengidap diabetes masih dapat menikmati sajian yang disiapkan saat lebaran dengan mengikuti beberapa tips berikut ini :

  • Perhatikan porsi makan

Jangan mengonsumsi makanan dalam porsi besar. Kamu dapat mengatur piring makanmu dengan komposisi  ¼ porsi  nasi/kentang/pasta, ½ porsi sayuran, ¼ porsi protein hewani/nabati.

  • Memilih makanan yang tepat

Bagi pengidap diabetes, sebaiknya pilih makanan yang mengandung karbohidrat sehat, memiliki kandungan serat yang cukup tinggi, dan lemak tak jenuh. Perbanyak konsumsi sayuran, buah, makanan yang terbuat dari gandum, dan kacang-kacangan dan batasi konsumsi makanan yang bersantan.

  • Atur waktu makan

Jika pada siang hari sudah makan besar, hindari makan berat di malam harinya. Termasuk sarapan pagi dengan makanan berat, sangat tidak dianjurkan.

  • Hindari makanan manis

Batasi konsumsi minuman dan makanan yang manis. Misal kue kering, minuman bersoda atau dengan pemanis buatan. Pilihlah makanan dan minuman yang menyehatkan dan tanpa pemanis buatan.

  • Banyak minum air putih

Yang satu ini tidak boleh dilupakan agar dapat membantu menetralkan santapan lebaran yang sudah dikonsumsi.

Dengan melakukan tips di atas, para penderita diabetes masih bisa mengonsumsi hidangan lebaran asalkan membatasi porsi hidangan yang dikonsumsi, memperbanyak konsumsi makanan berserat tinggi, dan mengganti camilan manis dengan camilan sehat. Selamat Hari Raya Idul Fitri, Healthy People!!