PERLUKAH TIDUR SIANG UNTUK ANAK?

1 bulan yang lalu

Ketika si kecil bertambah usia, rutinitas tidur siang makin sulit untuk diterapkan. Mereka lebih senang untuk sibuk bermain dan melakukan aktivitas lain daripada harus beristirahat alias tidur siang. Bagaimana dengan si kecil di rumah?

Kebutuhan tidur setiap anak berbeda-beda sesuai dengan tahapan usianya. Misalnya, pada anak usia 1-3 tahun, rata-rata membutuhkan tidur 12-14 jam per hari. Anak usia 3-6 tahun membutuhkan 10-12 jam per hari untuk tidur dan usia 7-12 tahun membutuhkan setidaknya 10-11 jam tidur per hari. 

Durasi tidur siang yang disarankan adalah sekitar 90 menit. Jika terlalu lama, malah akan membuat anak tidak bisa tidur di malam hari. Semakin bertambahnya usia, jam tidur siang pun akan makin sedikit. Bahkan ketika anak telah memasuki usia sekolah (6 tahun) diperbolehkan untuk tidak tidur siang, tapi tidak ada salahnya menyarankan si kecil untuk istirahat setelah seharian lelah beraktivitas di sekolah.

Apa yang harus dilakukan jika si kecil menolak untuk tidur siang? Meski tidak ada ketentuan khusus, tidur siang memiliki manfaat berikut:

  • Menjaga berat badan agar tetap sehat

Ketika tubuh terasa lelah, anak akan cenderung makan dalam jumlah yang lebih banyak. Dengan tidur siang, hal ini dapat dihindari.

  • Suasana hati anak menjadi lebih baik

Jika tubuhnya terasa nyaman dan tidak lelah, anak akan cenderung tidak emosional ketika menghadapi hal yang tidak menyenangkan.

  • Tidur malam jadi lebih mudah

Tubuh yang lelah kerap membuat malah sulit untuk tidur. Tidur siang membantu tubuh untuk lebih segar, sehingga ketika waktu tidur malam tiba, badan dalam kondisi tidak terlalu lelah.

  • Membantu proses belajar anak

Tidur siang membuat anak menjadi lebih fokus ketika belajar di sore hari.

Jangan menyerah ketika si kecil tidak mau tidur siang. Yuk cobain tips berikut!

  • Berilah pengertian kepada si kecil manfaat apa yang akan didapatkan jika ia mau tidur siang
  • Siapkan kondisi kamar yang nyaman dan temani ketika dia hendak tidur. 
  • Atur jadual tidur siang di jam yang sama, sehingga ini akan menjadi rutinitas setiap harinya.
  • Ajak anak beraktivitas di pagi hari, jika merasa lelah nantinya ia akan mengantuk dan mudah untuk daiajak tidur siang
  • Satu jam setelah makan siang, ajak si kecil tidur siang. Sama dengan orang dewasa, jika sudah kenyang maka jadi lebih mudah mengantuk. 

Meski demikian, jangan paksa si kecil untuk tidur siang ya. Perlawanan yang dilakukan justru akan membuat ia menjadi tidak nyaman.