PERLUKAH DAGING AYAM DICUCI SEBELUM MASUK KULKAS?

2 bulan yang lalu

Mencuci bahan makanan sebelum masuk kulkas adalah kebiasaan yang umumnya dilakukan. Mencuci buah dan sayuran untuk menghilangkan pestisida dan kotoran yang menempel adalah cara yang tepat. Bagaimana dengan daging ayam mentah? Apakah perlu dicuci?

Ayam adalah bahan makanan sumber protein yang paling sering dikonsumsi oleh masyarakat. Bahkan hampir semua rumah selalu menyediakan pilihan menu ayam. Selain sumber protein, ayam juga mengandung vitamin dan mineral yang dibutuhkan oleh tubuh. Yaitu diantaranya ;

• Vitamin B6 dan B3

• Mineral seperti fosfor, selenium, kalium

Namun demikian belum banyak orang yang memahami bagaimana cara menyimpan daging ayam mentah dengan benar. Tahukah kamu bahwa mencuci daging ayam adalah cara yang tidak tepat? Ada banyak bakteri yang terdapat pada daging ayam mentah. Bakteri yang biasanya terdapat pada daging ayam adalah Campylobacter, penyebab utama dari infeksi saluran cerna, seperti diare.  Tanpa disadari, cucian yang mengangkut bakteri dari daging tersebut akan terciprat ke mana-mana. Meskipun jumlah bakteri yang berpindah mungkin tidak terlalu banyak, namun tetap berisiko menimbulkan infeksi.

Mungkin sebagian dari kamu muncul kekhawatiran, jika tidak dicuci maka bakteri akan tetap tertinggal pada daging ayam. Tidak perlu khawatir, sebab jika kamu memasak daging ayam dengan benar, bakteri dan kuman akan hilang dan mati. Bakteri tidak dapat hidup di suhu yang tinggi, sehingga kamu harus memasak ayam dengan suhu minimal 75 derajat Celsius supaya kuman-kuman menempel pada daging ayam akan mati.

Berbeda dengan daging sapi, kandungan bakteri pathogen dalam daging ayam membuat kamu harus cermat pula dalam mengolahnya. Yuk intip tips berikut ini :

  • Jangan mencuci daging ayam

Mencuci daging ayam menyebabkan bakteri tersebar ke bahan makanan lain

  • Daging ayam harus disimpan di freezer dalam wadah tertutup.

Supaya tidak tercampur dengan bahan makanan lain di freezer.

  • Gunakan alat potong yang berbeda untuk daging, sayur dan buah

Hal ini untuk menghindari sayur dan buah terkena bakteri yang ada pada daging. 

  • Daging ayam yang baru dibeli bisa langsung masuk freezer

Jika ingin digunakan masukkan daging ayam ke dalam air dingin dan saat men-thawing (membuat tidak beku lagi) pastikan suhu permukaan luarnya tidak melebihi 5 derajat celcius selama lebih dari 4 jam.

  • Sesering mungkin mencuci tangan. 

Mencuci tangan sebelum maupun sesudah mengolah daging ayam mentah.

Apakah kamu sudah melakukan cara yang benar selama ini?