MERDEKA DARI INSOMNIA, INI TIPSNYA!

3 bulan yang lalu

Pada umumnya, orang membutuhkan 8 jam tidur dalam sehari untuk menjaga kondisi tubuh tetap fit. Apa jadinya jika tidur kurang dari 8 jam sehari? Kepala terasa pusing, badan terasa pegal dan jadi kurang konsentrasi. Jika hal ini sering terjadi bisa jadi kamu mengalami insomnia.

Insomnia adalah gangguan yang menyebabkan penderitanya sulit tidur meskipun ada waktu yang cukup tersedia untuk tidur. Bisa terjadi dalam jangka panjang atau dalam waktu singkat. Selain disebabkan kondisi medis tertentu, insomnia bisa juga disebabkan karena :

1. Gaya hidup yang buruk

Jadual tidur yang tidak teratur, kebiasaan begadang dan minum kopi di malam hari

2. Kondisi fisik dan kesehatan

Jika tubuh terlalu lelah atau sedang mengalami gangguan kesehatan seperti misalnya batuk, bisa membuatmu terjaga sepanjang malam akibat kondisi fisik yang tidak nyaman.

3. Stres dan kesehatan mental

Sejumlah peneliti meyakini, bahwa orang-orang dengan stres berkepanjangan akan sangat mudah mengalami insomnia. 

Sulit tidur dapat membuat penderita insomnia kurang konsentrasi sehingga berisiko mengalami kecelakaan bila sedang berkendara. Insomnia juga bisa menurunkan daya ingat dan gairah seks, serta menimbulkan gangguan fisik dan mental.

Bagaimana cara mengatasinya? 

- Tidak bermain gawai sebelum tidur

Meskipun tubuh sudah terasa lelah, tapi karena masih tetap fokus pada gawai, akhirnya tubuh tidak beristirahat dan malah sibuk bermain gawai hingga larut malam.

- Menghilangkan kebiasaan tidur siang

Karena tidak bisa tidur di malam hari, lalu menggantinya dengan tidur di siang hari. Jika kebiasaan tidur siang ini tidak dihilangkan, maka kamu akan terus mengalami siklus yang terbalik ini. Salah satu caranya merubahnya adalah dengan tidak lagi tidur siang.

- Menghilangkan kebiasaan begadang

Sekali dua kali begadang tidak menjadi masalah. Tapi jangan melakukannya sebagai kebiasaan ya. 

- Tidak minum kopi menjelang waktu tidur

Kafein yang terkandung pada kopi adalah sebuah zat yang dapat meningkatkan dan menstimulasi kerja saraf pusat. Jika sudah dikonsumsi, kafein bisa membuat kamu susah tidur.

- Ciptakan suasana kamar yang nyaman

Siapkan kamar dalam kondisi bersih, rapi. Beri aromatherapy yang aromanya membuat kamu lebih rileks dan jangan lupa untuk mematikan lampu ya.

Yuk, merdeka dari insomnia dengan mencoba tips di atas ya!