MENCETAK PEMIMPIN DI ERA TRANSFORMASI DIGITAL

5 bulan yang lalu

Pada awalnya, Combiphar dikenal sebagai perusahaan farmasi , namun  sejak 2012 kami mekukan transformasi bisnis dan berubah wujud menjadi perusahan consumer healthcare. Banyak hal yang dilakukan dalam masa transformasi bisnis ini seperti perubahan logo perusahaan, relokasi kantor pusat, merubah produk kuratif menjadi preventif, mendirikan Combiphar Corporate University, dsb. 


Selama perjalanan kami dari 2012 sampai saat ini, Combiphar berhasil mengakusisi brand-brand terkenal, seperti pada 2013 Combiphar mengakuisisi obat tetes mata Insto dari GSK dan 2016 mengakuisi Eye Mo juga dari GSK. Combiphar juga mulai masuk ke pasar internasional untuk pertama kalinya, yaitu Filipina. Lalu masuk ke Singapura dan Malaysia dan 2018 Combiphar mulai masuk ke Kamboja.pada 2019, Combiphar mengakuisisi perusahaan jamu Grup Air Mancur dan mulai masuk ke Hong Kong dan Macau. Kemudian pada 2021, mengakuisisi Simba Indosnack Makmur.


Tentunya dalam melakukan transfromasi dan ekspansi bisnis tersebut dibutuhkan SDM dan para leader yang handal sehingga kami terus menciptakan para pemimpin dari dalam perusahaan sendiri. Proses menciptakan para pemimpin dari dalam perusahaan ini dimulai dari bagaimana Combiphar merekrut karyawan melalui berbagai assessment. Kemudian, mereka dikembangkan dengan berbagai program, di-review kinerjanya setiap tahun oleh performance management, sampai disiapkan talent management dan career management-nya. Hal ini menunjukkan betapa kami benar-benar menempatkan karyawan sebagai aset penting bagi Combiphar.


Untuk mengembangkan kualitas SDM, Combiphar memiliki sejumlah program pengembangan melalui Combiphar Corporate University yang memiliki enam akademi, yaitu AIM Academy, C-campus, Leadership Academy, Profesional Academy, Manufacturing Academy, dan Commerce Academy. Apa saja yang didapatkan? Terdapat beberapa metode pembelajaran, di antaranya on the job training, coaching, in class training, dan workshop. Beberapa metode dilaksanakan selama virtual selama masa pandemi. 


Trainers di Combiphar Corporate University berasal dari internal Board of Directors (BOD) dan Board of Management (BOM). Hal ini menunjukkan besarnya komitmen BOD dan BOM untuk ikut terlibat di dalam proses pengembangan karyawan di dalam perusahaan.


Setiap tahun kami mampu mencetak para leader dari dalam perusahaan melalui program promosi jabatan. Misalnya pada 2020,  total ada 40 promosi jabatan leader dan di 2021 meningkat menjadi 66 promosi. Hal ini menunjukkan bahwa regenerasi kepemimpinan di Combiphar di tengah era transformasi digital ini berjalan dengan baik. Hal ini akan menjadi tidak mudah, jika kami tidak memiliki infrastruktur hardware dan software (talent-talent) kami. Menjadi satu kebanggaan bagi kami dengan talent-talent yang kami miliki.