INTERMITTENT FASTING, PERLUKAH DICOBA?

5 bulan yang lalu

Ingin menurunkan berat badan tapi tidak tersiksa? Kamu bisa mencoba melakukan diet puasa atau yang lebih dikenal dengan istilah intermittent fasting. 

Jika umumnya diet dilakukan dengan mengurangi porsi makan, tidak halnya dengan Intermittent fasting (diet puasa). Metode ini mengatur pola makan dengan cara berpuasa makan selama beberapa waktu. Namun di antara waktu tersebut, kamu masih dapat mengonsumsi minuman yang tidak berkalori, seperti misalnya air putih, teh tawar atau kopi hitam tawar. Menarik kan?

Caranya pun fleksibel, ada 3 cara yang bisa dipilih :

  • Metode 16/8

Metode ini menerapkan 16 jam puasa dan 8 jam makan. Misal : jam makan pukul 2 siang – 10 malam, selain jam tersebut adalah waktunya puasa.

  • Eat-Stop-Eat

Yang ini bisa dibilang cukup berat, sebab puasa dilakukan selama 24 jam. Misal : puasa setelah makan malam hingga makan malam berikutnya, keesokan harinya selama 24 jam bebas untuk makan. Biasanya metode ini dilakukan cukup 1 kali dalam seminggu.

  • Diet 5:2

Metode ini dilakukan dengan cara mengurangi jumlah makanan yang biasa dikonsumsi, hingga 25 persen atau kira-kira setara dengan satu kali porsi makan per hari. Metode ini dapat dilakukan dalam 2 hari per minggu, tetapi tidak harus berurutan. Sementara di lima hari sisanya, kamu dapat mengonsumsi makanan seperti biasanya.

Selain menurunkan berat badan secara ampuh, diet puasa ini juga diyakini menurunkan insulin, meningkatkan kadar hormon pertumbuhan, mengurangi lemak perut juga menurunkan kadar kolesterol jahat dalam tubuh.

Namun, tidak semua orang disarankan untuk mencoba diet puasa ini ya. Bagi kamu yang memiliki permasalahan dengan kadar gula darah, memiliki tekanan darah rendah, sedang menjalani pengobatan, wanita hamil dan menyusui tidak diperbolehkan mencoba diet puasa.

Meski efek yang dirasakan tiap orang bisa berbeda-beda, untuk mendapatkan hasil yang optimal lakukan diet puasa secara konsisten serta tidak makan secara berlebihan pada saat jam makan. Bagaimana, tertarik untuk mencoba?