INI BAHAYA SERINGNYA MENGONSUMSI JUNK FOOD

6 bulan yang lalu

Bagi kamu yang hidup di kota besar, mengonsumsi makanan siap saji menjadi bagian dari gaya hidup sehari-hari. Disuka oleh banyak kalangan usia, mulai dari anak-anak hingga orang dewasa sebab harganya yang relatif tidak mahal dan rasanya yang tasty serta penyajiannya yang cepat membuat makanan siap saji memiliki banyak penggemar. 


Junk food umumnya adalah makanan yang dapat disajikan dengan cepat, mengandung banyak kalori tetapi memiliki nilai gizi yang sedikit jumlahnya. Meski rasanya memanjakan lidah, junk food bukan termasuk dalam kategori makanan sehat dan dapat memicu kenaikan berat badan. 

Jika mengonsumsinya hanya sesekali, hal ini tidak menjadi masalah bagi kesehatan. Apa akibatnya jika seseorang mengonsumsi dalam jumlah banyak dan sering?


  • Memicu kenaikan berat badan 

Junk food mengandung kalori dan lemak yang sangat tinggi. Orang yang terlalu sering mengonsumsi junk food sangat rentan mengalami obesitas.


  • Risiko terkena penyakit jantung dan stroke 

Selain itu, kandungan lemak yang tinggi pada junk food  juga dapat menyebabkan peningkatan kolesterol dalam darah. Hal inilah yang turut membuat makanan jenis ini berisiko menyebabkan penyakit jantung dan stroke.



  • Meningkatkan risiko terkena diabetes tipe 2 

Junk food dapat menyebabkan lonjakan gula darah dalam tubuh. Jika sering dikonsumsi, lama-kelamaan hal tersebut dapat menyebabkan gangguan pada insulin dan berisiko lebih besar terkena resistensi insulin dan diabetes tipe 2.

Junk food memiliki kandungan gizi yang sedikit dan tidak dibutuhkan oleh tubuh. Maka dari itu, junk food sering disebut dengan makanan sampah atau makanan yang sia-sia saja. Yang termasuk dalam kategori ini adalah: hamburger, ayam goreng, kentang goreng, pizza dan sejenisnya.

Tidak semua makanan siap saja adalah junk food lho. Beberapa jenis makanan siap saji atau fast food masih memiliki kandungan gizi yang bisa digunakan oleh tubuh walau dalam kadar yang sedikit. Ada beberapa jenis fast food seperti salad buah, sushi yang memiliki banyak kandungan vitamin.

Jika kamu butuh cara praktis untuk makan, sebaiknya pilih yang tidak berisiko. Jangan terlalu sering mengonsumsi junk food. Makanan sehat yang bernutrisi juga bisa kamu peroleh dalam restoran cepat saji. Makanan tinggi serat dan protein adalah sejumlah menu yang bisa kamu pilih. Selain itu, kamu bisa menambahkan makanan yang kaya serat dan nutrisi seperti buah-buahan segar, kacang-kacangan, atau yoghurt sebagai pelengkap kebutuhan nutrisimu.