Hindari Kanker dengan 5 Cara Sederhana Ini

4 tahun yang lalu

Kanker.

Mendengar namanya terucap aja udah bikin kita merasa ketakutan. Selain belum ditemukannya obat untuk menyembuhkan penyakit ini, gejalanya pun cenderung samar-samar. Sebelum penyakit itu datang, ada baiknya nih Healthy People mengaplikasikan kebiasaan sederhana untuk hidup sehat, seperti berikut ini.

1. Mengendalikan Emosi

Merasa kesal karena nggak punya pasangan di hari Valentine, sedih karena kehilangan orang yang dicintai atau marah saat si dia lupa tanggal spesial, bisa memicu perasaan diabaikan, sakit hati, benci dan dendam. Tapi tahukah Healthy People kalau peningkatan emosi tersebut juga dapat meningkatkan risiko kanker, terutama kanker payudara?

Walau belum diakui sepenuhnya oleh dunia kesehatan modern, perubahan emosi penyebab kanker ini sudah dikenali oleh pengobatan tradisional Cina. Seperti dikutip dari Journal of the Institute for Traditional Medicine and Preventive Health Care, menunjukkan bahwa kanker merupakan hasil dari kecemasan, depresi emosional dan overthinking yang merusak kesehatan organ-organ penting.

2. Jauhkan Stres yang Berkepanjangan

Stres yang berkepanjangan nggak hanya buruk buat kesehatan jantung, tapi juga bisa menjadi faktor pemicu kanker. Hal ini berkaitan dengan perilaku nggak sehat dalam upaya mengatasi stres, seperti makan berlebihan, konsumsi minuman beralkohol atau merokok yang membuat risiko kanker meningkat.

Ketimbang melakukan hal-hal yang buruk buat kesehatanmu, temukan cara yang lebih sehat untuk mengatasi stres. Situs webmd.com merekomendasikan olahraga, meditasi dan menuangkan segala unek-unek dalam jurnal, sebagai cara meredakan stres.

3. Menambahkan Menu Sehat

Saat memilih makanan, pertimbangkan nutrisi yang dibutuhkan tubuh untuk membantu mengurangi risiko penyakit kanker. Isi piring dengan sayuran, buah-buahan, biji-bijian dan kacang-kacangan yang kaya antioksidan. Selain itu, batasi makanan berkalori tinggi yang kaya akan lemak hewani dan gula. Hindari juga konsumsi daging olahan secara berlebihan, seperti yang disarankan the International Agency for Research on Cancer.

4. Tidur Cukup

Buat kamu yang memilih lembur atau menonton fillm hingga larut malam, mungkin dapat mempertimbangkan untuk tidur lebih awal. Menurut Dr Charles Czeisler dari Brigham and Women’s Hospital, kurang tidur dapat meningkatkan risiko berbagai jenis kanker.

Hal ini berkaitan dengan menurunnya kadar hormon melatonin yang menekan perkembangan sel kanker, karena eksposur terhadap cahaya pada malam hari dari lampu atau layar gadget. Yuk, matikan TV dan ponsel, tidur nyenyak malam ini.

5. Olahraga Teratur

Menjaga berat badan agar jauh dari obesitas dapat menurunkan risiko kanker seperti kanker payudara, prostat, paru-paru hingga usus. Luangkan waktu di tengah harimu yang padat untuk berolahraga minimal 30 menit per hari. Lakukan aktivitas yang kamu sukai dan menyenangkan, seperti berjalan kaki, berlari, bersepeda atau sekadar menari sambil mengerjakan pekerjaan rumah tangga.

Mencegah penyakit jauh lebih baik ketimbang mengobati. Yuk, lakukan beberapa cara ini untuk menurunkan risiko terkena kanker sejak dini.