Berlebaran Di Masa Pandemi, Ini Tipsnya!

1 tahun yang lalu

Tahun ini adalah tahun ke dua lebaran dirayakan dalam suasana pandemi. Bagi yang berencana mudik, sebaiknya mempersiapkan segala sesuatunya dengan lebih teliti, mengikuti aturan mudik yang diatur oleh pemerintah dan tetap mematuhi protokol kesehatan ya.

Mudik di masa pandemi memiliki banyak persyaratan yang harus dipatuhi, hal ini dimaksudkan supaya angka penyebaran COVID-19 tidak meningkat setelah libur lebaran berakhir. Cara yang paling aman jika ingin tetap mudik adalah dengan menggunakan kendaraan pribadi. Pelaku perjalanan transportasi darat pribadi, dihimbau melakukan tes RT-PCR atau rapid test antigen yang sampelnya diambil dalam kurun waktu maksimal 1x24 jam sebelum keberangkatan, atau tes GeNose C19 di rest area sebagai persyaratan melanjutkan perjalanan dan akan dilakukan tes acak apabila diperlukan oleh Satuan Tugas Penanganan COVID-19 Daerah.

Bagaimana jika Healthy People memilih untuk tidak mudik? Merayakan lebaran identik dengan acara kumpul-kumpul dan bersilaturahmi dengan keluarga. Namun, karena pandemi masih belum juga berakhir, perlu tips tersendiri untuk berlebaran dengan aman tanpa mengurangi makna lebaran itu sendiri.

  • Silaturahmi secara online

Teknologi membuat semua jadi makin dekat. Jika masih belum bisa bertatap muka secara langsung, Healthy People dapat bersilaturahmi melalui video call atau conference call bersama seluruh keluarga besar di mana pun berada. Sambil memamerkan hidangan apa yang disiapkan di rumah masing-masing. Seru juga lho!

  • Shalat Idul Fitri di rumah

Shalat Ied dapat dilakukan di rumah baik sendiri atau pun berjamaah bersama anggota keluarga yang lain. Meski demikian, tetap waspada untuk menjaga jarak terlebih jika ada anggota keluarga yang kerap beraktivitas di luar rumah.

  • Hindari takbir keliling

Takbiran di malam Idul Fitri tidak harus dilakukan beramai-ramai di masjid atau sambil berkeliling. Healthy People bisa melakukannya di rumah, membaca takbir, tahmid, tahlil dengan keluarga bisa jadi akan lebih terasa hikmat dan syahdu.

  • Belanja lebaran

Belanja aneka makanan, minuman, baju dan perlengkapan ibadah adalah hal rutin yang umumnya dilakukan menjelang lebaran. Sebisa mungkin, hindari pusat perbelanjaan. Lakukan pembelanjaan secara online via market place atau sarana lain untuk menghindari kerumunan orang banyak.

Apa rencana Healthy People untuk merayakan lebaran tahun ini? Apa pun rencanamu, jangan pernah lupakan protokol kesehatan ya.