5 Kebiasaan Baik untuk Mengurangi Resiko Terkena Kanker Payudara

4 tahun yang lalu

Jumlah penderita kanker, terutama yang menyerang payudara, yang semakin bertambah mau nggak mau membuat Healthy People khawatir. Kamu mungkin bertanya-tanya apakah ada langkah yang bisa diambil untuk mencegah kanker payudara.

Selain riwayat keluarga yang nggak bisa diubah, ada kebiasaan baik yang dapat dimulai sejak dini untuk menurunkan risikonya.

1. Berolahraga Secara Teratur

Memiliki kelebihan berat badan atau obesitas bisa meningkatkan risiko kanker payudara. Selain mengatur pola makan, aktivitas fisik dapat membantumu mempertahankan berat badan ideal dan membantu mencegah kanker payudara.

The Department of Health and Human Services merekomendasikan minimal 150 menit per minggu untuk aktivitas aerobik. Bisa juga melakukan 75 menit aktivitas aerobik yang kuat dalam seminggu, ditambah strength training setidaknya dua kali seminggu.

2. Makan Makanan Sehat

Seperti disebutkan sebelumnya, menjaga berat badan ideal menjadi kunci pencegahan kanker payudara. Kamu bisa mencontek perempuan yang menganut diet Mediterania yang efektif menurunkan risiko kanker payudara.

Menurut situs webmd.com, pola makan ini berfokus pada makanan nabati, seperti uah-buahan dan sayuran, biji-bijian dan kacang-kacangan. Selain itu, pilih lemak sehat berupa minyak zaitun ketimbang mentega dan ikan bukannya daging merah.

3. Kurangi Stres

Hari-hari yang penuh dengan stres, baik dari lingkungan maupun pekerjaan, dapat mengakibatkan berbagai penyakit terutama yang berhubungan dengan kanker. Hal ini diperkuat penelitian yang dilansir situs dailymail.co.uk, perempuan yang mengalami stres berat dalam kurun waktu 5 tahun memiliki 50 persen kemungkinan untuk menderita kanker payudara. Temukan cara untuk mengurangi kadar stres, mulai dari berolahraga, relaksasi, berlibur, hingga berkumpul bersama keluarga atau teman.

4. Periksa Payudara Sendiri

Sebagian besar kanker payudara seharusnya dapat dideteksi sejak dini, lewat periksa payudara sendiri atau dikenal dengan Sadari. Kenali bagaimana organ penting ini terlihat di depan cermin, lalu telusuri bentuk dan permukaannya untuk menemukan apakah ada hal-hal yang tidak normal. Mulai dari perubahan ukuran, permukaan berkerut, terlihat membengkak, atau keluarnya cairan walau tidak hamil atau menyusui.

5. Lakukan Pijatan Payudara

Pijat payudara dengan menggunakan bantuan minyak nggak hanya memberikan sensasi rileks, tapi juga membantu menjaga kesehatannya. Selain melancarkan aliran darah yang terganggu akibat penggunaan bra sepanjang hari, pemijatan yang lembut juga dapat menurunkan risiko penyakit kanker.

Menurut penelitian yang dilaporkan pada American Society for Cell Biology di San Fransisco, pijat payudara menekan pertumbuhan sel-sel yang tak terkendali dan mengarah ke kanker. Yuk, luangkan waktu beberapa kali dalam seminggu untuk mempertahankan kesehatan payudara.

Kanker payudara memang jadi momok bagi kaum perempuan. Sudah seharusnya, sejak awal menanamkan kesadaran dan kebiasaan baik untuk mengurangi risiko terkena penyakit mematikan ini.